Kunjungan BUGI ke KJRI Hamburg

 

bugi kjri (2)

Senin 9 Maret 2015, tim Bildung und Gesundheit für Indonesien e.V (BUGI) dari Hannover bertandang ke kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hamburg. Kunjungan ini diterima langsung oleh Konsul Jendral Ibu Sylvia Arifin, Bapak Singgih Yuwono, dan Ibu Indri Rasad.

Sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Ibu Sylvia Arifin membuka diskusi sore itu, dilanjutkan dengan presentasi, perkenalan serta maksud dan tujuan kunjungan tim BUGI e.V. Gagasan dari BUGI e.V seperti inisiasi pendidikan paramedis di Indonesia dan segala hal yang terkait didalamnya, ditanggapi dengan bijak dan kritis oleh pimpinan KJRI Hamburg.

“Kesehatan dan pendidikan adalah dua hal yang berbeda yang juga ditangani oleh masing-masing institusi yang berbeda di Indonesia. KJRI akan mencari mitra di Indonesia yang bisa kerjasama dalam bidang yang terkait dengan paramedis di Indonesia” tegas Ibu Konsul Sylvia Arifin.

Visi BUGI e.V. adalah mengembangkan sistem yang baik di Jerman, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan, untuk diterapkan di Indonesia, disesuaikan dengan latar belakang sosial dan budaya di Indonesia, agar penerapan sistem tersebut efektif dan efisien. Secara konkret usaha-usaha yang telah dilakukan dalam rangka mencapai visi tersebut diantaranya adalah penjajakan kerjasama antara universitas di Hannover dengan universitas di Indonesia, pendekatan dengan para akademisi di Manado sebagai representasi daerah Indonesia Timur untuk menginisiasi program kerja di wilayah tersebut, serta membuka forum komunikasi dengan pemerintah daerah Jawa Tengah untuk menjalankan sebuah proyek percontohan di bidang paramedis mulai tahun 2016. KJRI Hamburg akan mendukung secara birokratis pergerakan BUGI e.V. di Hannover.

Secara berkala pertemuan serupa antara BUGI e.V. dan KJRI Hamburg akan diadakan, guna meningkatkan silahturahmi dan kesempatan untuk secara intensif bertukar pikiran antara kedua belah pihak. Pertemuan selanjutnya menurut rencana akan dilangsungkan di bulan Juni 2015. (LMR)